Skip to main content

7 gunung mempesona untuk pendaki pemula

Selain pemandangan  yang indah,panorama golden sunrise dan lautan awan.menjadikan kegiatan mendaki gunung menjadi trend tersendiri untuk menghabiskan waktu selama liburan,mungkin bagi para penggiat olahraga ekstrim yang satu ini mendaki menjadi kegiatan dan ritual rutin bagi mereka.namun bagi pendaki pemula atau yang baru saja akan melakukan  pendakian untuk pertama kalinya,disarankan  untuk mendaki gunung yang tidak terlalu berat medan pendakiannya terlebih dahulu,dikarnakan setiap gunung memiliki tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda-beda,maka dari itu kesiapan fisik dan mental serta kesiapan pendaki menjadi faktor penentu sebelum memutuskan untuk mendaki gunung.

Nah,dibawah ini adalah 7 gunung yang mempesona yang wajib didaki untuk pendaki pemula atau yang baru saja pertama kali mencoba untuk mendaki gunung.meskipun daftar gunung dibawah ini bisa dibilang"pendek"namun dengan segala keunikan dan keindahan yang ditawarkan,tidak kalah dengan gunung yang lebih tinggi.selain itu kita masih bisa merasakan sensasi mendaki dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.



Gunung andong








Gambar via www.coklatpanas.com

Gunung andong memiliki ketinggian 1.762 mdpl.terletak diantara ngablak dan tlogorjo,kabupaten magelang,provinsi jawa tengah.gunung andong ternbentang dari barat ke timur,disepanjang bentangan gunung andong,terdapat beberapa titik yang dianggap puncak.terhitung ada 4 puncak yang akan kita temui di gunung andong,dari yang paling barat ada puncak makam,puncak jiwa,puncak andong dan puncak alap-alap di bagian paling timur.puncak andong merupakan puncak tertinggi di gunung andong,dari masing-masing puncak tersebut kita akan di suguhi pemandangan yang indah nan menawan.

Dengan jalur pendakian yang cuku mudah dan jelas,serta dilengkapi oleh sejumlah papan petunjuk,gunung andong sangat cocok dijadikan tempat mendaki badi para pemula.Untuk mencapai puncak dibutuhkan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam tergantung kecepatan kita saat mendaki.saat kita telah sampai di puncaknya,disarankan untuk kemping disini karna pemandangan sunrisenya yang luar biasa,dari puncaknya kita juga bisa melihat sindoro-sumbing serta merapi-merbabu yang mengelilingi gunung ini.

Gunung ijen


                                gambar via manusialembah.blogspot.com

Diujung pulau jawa,tepatntya di kabupaten banyuwangi,jawa timur.terdapat gunung yang cocok untuk didaki sekaligus berwisata alam untuk pendaki pemula,di gunung ijen kita juga bisa menikmati indahnya pesona kawah ijen diketinggiam 2.443 mdpl,selain itu kita juga bisa melihat para penambang belerang tradisional beraktivitas,di malam harinya kita juga bisa menikmati fenomena api biru kawah ijen,fenomena api biru ini pertama kali dilihat oleh masyarakat sekitar pada tahun 1950-an.

Dari pos paltuding,kamu membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai puncak,namun ada baiknya kalian tetap berhati-hati karna medannya berpasir dan lumayan curam di beberapa titik pendakian.

Gunung prau













 gambar via piknikasik.com

Gunung prau menjadi salah satu gunung yang recommended banget untuk dicoba,selain karena pemandangannya yang indah,jalur pendakiannya juga cukup mudah untuk dilalui,bahkan untuk kamu yang belum pernah mendaki sekalipun.gunung yang memiliki salah satu puncak terluas di indonesia dan menjadi salah satu tempat favorit para pendaki untuk kemping,sambil menanti golden sunrise yang menawan,ditanah para dewa.

Jika kamu mendaki gunung prau pada musim kemarau,saat suhu udara kawasan gunung prau mencapai titik terendah,kamu bisa menemukan kristal es yang menempel pada permukaan tanah dibeberapa lokasi saat pagi hari.
Jalur pendakian yang bisa kamu lewati dari desa patak banteng,Dieng.cukup menempuh medan yang agak curam selama kurang lebih 3-4 jam,kamu sudah bisa menginjakan kaki dipuncak gunung yang memiliki ketinggian 2.656 mdpl ini.

Gunung papandayan
      










Gambar via  hemoyus.wordpress.com


Gunung yang terletak di garut,jawa barat ini,punya cerita dan pesonanya tersendiri.dalam perjalanan menuju puncak kamu akan disuguhi pemandangan beberapa kawah belerang,seperti kawah mas,kawah baru,kawah ngangklak,kawah manuk dan yang paling unik dan misterius adalah hutan mati yang bisa kamu temui saat berjalan-jalan dari pondok saladah menuju padang edelweis tegal alun.hutan.mati  ini disebut begitu karna begitu banyak pohon-pohon dengan batang yang masih berdiri kokoh namun tidak berdaun sama sekali,sampai saat ini belum ada pemberitahuan mengenai apa yang ada di balik hutan mati tersebut.sehingga terkesan sangat misterius,mistis namun penuh akan pesona keindahan.

Dengan segala keindahan yang tersaji disepanjang jalur pendakian sampai ke puncak gunung papandayan,panorama yang begitu indah ini memang sangat cocok untuk kegiatan fotografi,sebab gunung papandayan merupakan surganya hunting lanscape bagi kalian yang hobi fotografi

Meski gunung yang satu ini terkenal cocok dan ramah untuk pendaki pemula,tetapi kalian harus tetap berhati-hati saat mendaki.nah,untuk memcapai puncak gunung papandayan yang memiliki ketinggian 2.665 mdpl,melalui jalur pendakian yang landai dibutuhkan sekitar 4 jam,jadi persiapkan stamina dan perbekalanmu.

Gunung gede
                                               gambar via yukpiknik.com
Jika kamu tinggal di daerah perkotaan khususnya jakarta,dan ingin merasakan sensasi mendaki gunung, gunung gede menjadi salah satu gunung yang direkomendasikan.selain jaraknya yang cukup dekat,cukup di tempuh dalam waktu 2 jam(100 km) dari jakarta,gunung yang satu ini juga terkenal ramah untuk pendaki pemula.

Gunung gede juga punya keunikannya sendiri loh,salah satu keunikan dan kekhasan gunung ini adalah adanya air terjun yang terdapat dilokasi jalur pendakian,jarang banget ada gunung yang jalur pendakiannya terdapat air terjunnya.apalagi air terjun disini sangat indah dan menakjubkan.yang unik lagi nih sob,di gunung gede dijalur pendakiannya juga terdapat pos air panas,unik bukan.selanjutnya yang menarik lagi di gunung gede adalah telaga biru,air di telaga inibmemang jernih dan berwarna biru,itulah mengapa disebut dengan telaga biru.

Untuk mencapau puncak gunung gede yang ketinggiannya mencapai 2.958 mdpl.disarankan mengambil jalur cibodas,dimana jalur pendakiannya cukup landai dan bisa ditempuh dalam waktu 6 jam,jangan lupa membawa peralatan yang di perlukan,sebab perlengkapanmu akan dicek,sebelum kalian memulai pendakian,kalian juga wajib mewaspadai udara dingin biar ga kena hipotermia.

Gunung nglanggeran

       gambar via KSMTour.com
Gunung yang terletak di kalisong ini memang lebih dikenal dengan nama gunung ngalanggeran,akan tetapi ada sebagian pula yang menjulukinya sebagai "gunung wayang" alasannya gunung yang tersusun dari bebatuan ini ada yang menyerupai tokoh pewayangan,ditambah lagi dengan adanya kepercayaan adat jawa yang menyatakan gunung ngalanggeran dijaga oleh kyai ongko wijoyo serta anggota punokawan yaitu kyai semar,kyai nolo gareng,kyai petruk dan kyai bagong.gunung nglanggeran merupakan gunung berapi purba yang secara litologi tersusun oleh material vulkanik tua dan bentang alam yang memiliki keindahan.wujud bongkahan batu yang menjulang tinggi ini diperkirakan pada 60 juta tahun yang lampau merupakan gunung berapi aktif.

Gunung ungaran 
                                                    gambar via yukpiknik.com
Gunung ungaran memiliki ketinggian 2.050 mdpl,dengan kondisj alamnya yang masih diselimuti hutan lebat dan banyak tempat-tempat wisata,maupun tempat-tempat keramat yang sangat menarik untuk dikunjungi,selain itu kalian juga bisa menyaksikan pemandangan gunung merbabu dari lereng maupun puncak gunung ungaran.dan buat pendaki pemula yang ingin menaikan level kesulitan dalam mendaki,gunung ungaran menawarkan beragam tantangan.

Gunung yang memiliki 3 tiga puncak yaitu puncak gendol,puncak botok dan puncak terginya,ungaran.kalian perlu trekking selama kurang lebih sekitar 4 jam,melalui jalur jimbaran,jalur pendakian gunung ini awalnya landai,tetapi akan semakin curam ketika akan mencapai puncak,terlebih saat mencapai pegunungan berbatu besar yang terjal dan licin,sepanjang perjalanan kalian akan disugi pemandangan hutan dan kebun teh.


Ada baiknya sebelum mendaki bacalah tips-tips panduan mendaki,pastikan kalian telah melakukan persiapan yang matang dan juga mendapatkan informasi seputar tempat atau lokasi pendakian secara lengkap.agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Apakah kamu ingin mencoba mendaki? Jika iya

SELAMAT MENDAKI SOB!!



Catatan: meskipun daftar gunung diatas cukup ramah,namun dihararap tetap berhati-hati                      selama pendakian,mematuhi segala larangan yang ada dan menjaga kelestarian                    lingkungan.
loading...

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Wisata di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara

Indonesia memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Tidak heran jumlah wisatawan yang berkunjung terus bertambah baik dari dalam maupun luar negri. Selain keindahan alamnya yang luar biasa,  kebudayaan di Indonesia pun sangat beragam. Setiap daerah memiliki budaya khas yang menjadikan negeri ini semakin berwarna. Dan dari ribuan tempat wisata di Indonesia, ada beberapa destinasi yang mendunia dan paling sering dikunjungi. Berikut ini daftarnya. Raja ampat       Raja Ampat foto by www.cekpremi.com Raja Ampat sudah lama dikenal dengan pesona keindahan bawah lautnya.Keanekaragaman biota lautnya lah yang membuat Raja Ampat menjadi populer. Posisinya yang berada diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudra Pasifik, didukung dengan suhu yang sesuai membuat pertumbuhan karang menjadi baik. Tidak heran jika Raja Ampat dianggap sebagai surga bawah l

Tempat Wisata Bersejarah Yang Ada Di Indonesia

Selain memiliki banyak destinasi wisata alam yang unik dan menarik. Di indonesia juga terdapat banyak destinasi wisata bersejarah yang menyimpan cerita sejarah dan peristiwa dimasa lampau. Tentunya kita perlu mengenal beberapa bangunan bersejarah Indonesia yang berada di berbagai daerah. Untuk menambah sedikit pengetahuan kita. Ini dia beberapa daftar tempet wisata bersejarah di Indonesia. Lawang Sewu, Semarang.   Lawang Sewu foto by semarangsekarang.com Lawang sewu, bagi kebanyakan masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing tempat ini. Terutama dikalangan masyarakat Semarang dan sekitarnya. Bangunan peninggalan kolonial Belanda ini dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907 ini terletak di bundaran Tugu Muda, dahulu disebut Wilhelminaplein. Lawang Sewu dulu merupakan kantor administrasi Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) yaitu sebuah perusahaan kereta api swasta asal Netherland. Selain menjadi kantor, Lawang Sewu juga memiliki fungsi sebagai penjara. L

Rekomendasi wisata kuliner khas Indonesia dari berbagai daerah

Selain keanekaragaman budaya dan destinasi wisata alamnya. Indonesia juga menawarkan beragam makanan lezat  yang  khas. Ada begitu banyak jenis makanan yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Makanan khas Indonesia terkenal penuh dengan cita rasa yang kuat, Setiap daerah mempunyai masakan khas yang akan  membuatmu penasaran untuk mencicipinya. Ini dia daftar beberapa makanan Dari sekian banyak makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba. Rendang Rendang, makanan khas asal Sumatra barat. Sangat terkenal di Indonesia bahkan disebut-sebut menjadi salah satu makanan terenak didunia. Masakan ini merupakan olahan dari daging, yang dimasak dengan paduan bumbu rempah seperti jintan, merica, kapulaga, ketumbar, dan beragam rempah lainnya. Rendang memiliki cita rasa yang gurih, dagingnya yang empuk dan harga yang bisa dibilang murah. Tidak heran rendang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Jika kamu berkunjung ke Indonesia jangan lewatkan untuk menco