Skip to main content

Tempat Wisata di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara

Indonesia memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara.
Tidak heran jumlah wisatawan yang berkunjung terus bertambah baik dari dalam maupun luar negri.

Selain keindahan alamnya yang luar biasa,  kebudayaan di Indonesia pun sangat beragam. Setiap daerah memiliki budaya khas yang menjadikan negeri ini semakin berwarna. Dan dari ribuan tempat wisata di Indonesia, ada beberapa destinasi yang mendunia dan paling sering dikunjungi. Berikut ini daftarnya.




Raja ampat

     Raja Ampat foto by www.cekpremi.com

Raja Ampat sudah lama dikenal dengan pesona keindahan bawah lautnya.Keanekaragaman biota lautnya lah yang membuat Raja Ampat menjadi populer. Posisinya yang berada diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudra Pasifik, didukung dengan suhu yang sesuai membuat pertumbuhan karang menjadi baik. Tidak heran jika Raja Ampat dianggap sebagai surga bawah laut terakhir di bumi.


Jangan heran jika Raja Ampat menjadi salah satu destinasi impian traveler lokal maupun mancanegara. Raja Ampat sendiri merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan indonesia. Ada banyak sekali destinasi terbaik  yang wajib kamu kunjungi. Seperti Pasir Timbul, Pulau pasir putih yang super unik. Telaga Bintang, bintang cantik di puncak pianemo. Pulau Misool, sekeping surga dari Raja Ampat. Sauwandarek, Desa wisata  yang eksotis. Yenbuba, Desa cantik tempat snorkeling di Raja Ampat.


Begitu banyak keindahan yang ditawarkan destinasi wisata yang satu ini. Namun sayangnya  akses dan transportasi disana masih terbatas. Sangat disarankan untuk mengikuti paket tour untuk menjelajahi destinasi wisata yang satu ini sekaligus untuk menghemat biaya liburan ke Raja Ampat.




Candi Borobudur

    Candi Borobudur foto by www.pinterpandai.com

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di Indonesia dan termasuk dalam Tujuh keajaiban dunia. Candi yang terletak di Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Berdasarkan prasasti Karangtengah, diperkirakan Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra dan baru diselesaikan putrinya, Ratu Pramudawardhani, pada abad ke-9.


Sebuah legenda Jawa bercerita tentang Gunadarma yang berbaring memandang Candi Borobudur sampai tertidur dan tubuhnya berubah menjadi perbukitan Menoreh. Gunadarma kemudian dianggap sebagai arsitek Candi Borobudur meskipun tidak ada prasasti bersejarah tentang hal itu.

Candi Borobudur merupakan salah satu Candi Budha terpenting di dunia ini memiliki luas lahan sekitar 15.130 meter persegi. Selain luas, tempat wisata Candi Borobudur ini juga terkenal tinggi sekali, yaitu sekitar 35 meter.
Ketinggian tersebut tak lepas dari tata bangunan candi yang terinspirasi dari ajaran Budha. Bangunan yang dipugar oleh Raffles ini memiliki tiga zona, yaitu Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu. Kesemuanya itu disebut sebagai ajaran Kosmologi Budha


Harga tiket masuk Candi Borobudur adalah Rp50.000 untuk dewasa, dan Rp25.000 untuk anak 3-10 tahun. Ada diskon 50% untuk rombongan pelajar/mahasiswa, minimal 20 orang.




Pulau Komodo

Pulau komodo foto by barisandepan.com

Pulau komodo menjadi satu-satunya di dunia yang memiliki kadal terbesar yaitu komodo,lebih tepatnya pulau ini adalah habitat asli dari komodo, hewan yang hanya ada di indonesia. Selain komodo pulau ini juga memiliki keaneka ragaman flora seperti kayu sepanng yang digunakan warga setempat sebagai pewarna pakaian,ada juga pohon nitak  yang dipercaya dapat digunakan sebagai obat serta bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.pada tahun 2011,taman nasional komodo dinobatkan menjadi "tujuh keajaiban dunia"


Tidak hanya dikenal karna komodonya,taman nasional komodo juga dikenal akan keindahan bawah lautnya.Kamu bisa menyelam sambil menikmati keindahan alam di tempat-tempat yang sudah ditentukan sebagai lokasi menyelam.


Ada beberapa tips untuk kamu-kamu yang ingin pergi berkunjung kepulau komodo.

Untuk wanita,sebaiknya jangan berkunjung saat sedang haid, sebab penciuman komodo yang sangat tajam dan juga komodo sangat tertarik dengan bau amis yang dikeluarkan oleh darah.


Menjelajahi pulau komodo tentunya akan sangat menguras energi,pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan prima.


Memakai sepatu yang memadai agar terhindar dari gigitan ular yang banyak tersembunyi di padang rumput.


Membawa tongkat untuk berjaga-jaga saat kamu jauh dari pawang,sebab komodo akan takut jika kamu menggertaknya mengunakan tongkat.


Sekedar tambahan bawalah kotak p3k dimanapun kamu bepergian.



Bali

                   Bali foto by media9.co.id

Bali adalah pulau kecil yang terletak di Timur Pulau Jawa dan di Barat Lombok, pulau ini memiliki berbagai aset penting di dunia pariwisata, seperti objek wisata yang indah dengan pantai, daratan, pegunungan dan danaunya. Begitu juga dengan hasil kreasi seni, budaya, kehidupan tradisional membuatnya menjadi sangat terkenal, bahkan hingga turis mancanegara.


Sebagai tempat wisata yang paling terkenal di Indonesia, Pulau bali mempunyai resort yang dipadu dengan keindahan pantai yang mempesona, serta gemerlap kehidupan malamnya, menjadikan Pulau Bali sebagai tempat wisata terbaik Dunia ( World's Best Island ) versi Majalah Travel pada tahun 2009. Dan ditahun 2010 juga memperoleh penghargaan dengan peringkat ke dua Best of Travel 2010 versi Majalah Leasure.


Pulau Bali menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Banyak sekali destinasi wisata yang tentunya wajib kamu kunjungi saat kamu berlibur kesana. Misalnya Air Terjun Aling-aling.   Tegalalang Rice Terrace, are persawahan yang ikonik di Ubud.  Taman Nasional Bali barat, dengan ratusan flora dan fauna.   Yellow Bridge Nusa Lembongan, jembatan kuning yang ikonik dengan lautan yang membentang.   The Scret Garden, penuh kejutan yang tidak terduga.   Tirta Gangga.  Candi Lempuyangan.  Hidden canyon Beji Giwang, si harta Karun di pulau Dewata.  Dan Masih banyak lagi tempat-tempat menarik lainnya.




Wakatobi

     Wakatobi foto by nusatour.com

Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara yang beribukota di Wangi-Wangi. Sejak tahun 1996, Wakatobi telah ditetapkan sebagai taman nasional Indonesia dan cagar alam dunia untuk biosfer laut oleh UNESCO.


Wakatobi telah lama menjadi primadona bagi para penyelam dari seluruh dunia karena keindahan alam bawah lautnya. Tidak kurang dari 942 spesies ikan dan 750 spesies karang tercatat menghuni wilayah perairan Wakatobi.


 Selain dikenal sebagai surga para penyelam, Wakatobi juga memiliki destinasi wisata lain yang akan membuatmu terkesima. Contohnya Pemandian Alam Hendaopa, goa dengan kolam air tawar yang unik.
Danau Sombano, danau yang terletak ditengah hutan mangrove.
Hutan lindung Tindoi, hutan sakral masyarakat Wakatobi.
Wasabinua Resto & Coffee, wisata kuliner tradisional Wakatobi.
Tentunya masih banyak lagi tempat-tempat menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi.




Danau Toba dan Pulau Samosir

  Danau Toba foto by maritim.go.id

Danau toba merupakan danau terbesar di indonesia dan asia tenggara.ditengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama pulau samosir,di pulau samosir juga terdapat dua buah danau kecil yaitu danau aek natonang serta danau sidihoni,yang mendapat julukan "Danau di atas danau". Tentunya hal ini membuat danau toba dan pulau samosir menjadi sangat unik dan tidak bisa disamai oleh danau-danau lain yang ada di indonesia.danau yang pada awalnya merupakan supervulkan yaitu gunung api raksaksa,berada di ketinggian 900 meter dari permukaan laut,membuat kita seolah-olah berada diatas awan.

Dengan ketinggian yang hampir mencapai 1 km diatas permukaan laut dan di kelilingideretan gunung berapi yang merupakan bagian dari pegunungan bukit barisan.membuat danau toba bagaikan laut yang berada ditengah-tengah daratan.

Selain keindahan alamnya, di sebelah utara danau toba masih dapat dijumpai berbagai fauna yang menarik,seperti lutung,orang utan,serta beberapa jenis lainnya.sedangkan dibagian selatan danau toba terdapat fauna yang berbeda jenis.seperti monyet lingur, tapir dan ingkir.




Itulah daftar tempat wisata di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Menarik bukan? Ajak teman,saudara,keluarga atau kekasih untuk berkunjung ketempat-tempat wisata yang  semada agardi Indonesia, agar semakin  banyak orang yang tau dan dunia pariwisata indonesia semakin maju.cukup sekian dan selamat berlibur.

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Wisata Bersejarah Yang Ada Di Indonesia

Selain memiliki banyak destinasi wisata alam yang unik dan menarik. Di indonesia juga terdapat banyak destinasi wisata bersejarah yang menyimpan cerita sejarah dan peristiwa dimasa lampau. Tentunya kita perlu mengenal beberapa bangunan bersejarah Indonesia yang berada di berbagai daerah. Untuk menambah sedikit pengetahuan kita. Ini dia beberapa daftar tempet wisata bersejarah di Indonesia. Lawang Sewu, Semarang.   Lawang Sewu foto by semarangsekarang.com Lawang sewu, bagi kebanyakan masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing tempat ini. Terutama dikalangan masyarakat Semarang dan sekitarnya. Bangunan peninggalan kolonial Belanda ini dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907 ini terletak di bundaran Tugu Muda, dahulu disebut Wilhelminaplein. Lawang Sewu dulu merupakan kantor administrasi Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) yaitu sebuah perusahaan kereta api swasta asal Netherland. Selain menjadi kantor, Lawang Sewu juga memiliki fungsi sebagai penjara. L

Rekomendasi wisata kuliner khas Indonesia dari berbagai daerah

Selain keanekaragaman budaya dan destinasi wisata alamnya. Indonesia juga menawarkan beragam makanan lezat  yang  khas. Ada begitu banyak jenis makanan yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Makanan khas Indonesia terkenal penuh dengan cita rasa yang kuat, Setiap daerah mempunyai masakan khas yang akan  membuatmu penasaran untuk mencicipinya. Ini dia daftar beberapa makanan Dari sekian banyak makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba. Rendang Rendang, makanan khas asal Sumatra barat. Sangat terkenal di Indonesia bahkan disebut-sebut menjadi salah satu makanan terenak didunia. Masakan ini merupakan olahan dari daging, yang dimasak dengan paduan bumbu rempah seperti jintan, merica, kapulaga, ketumbar, dan beragam rempah lainnya. Rendang memiliki cita rasa yang gurih, dagingnya yang empuk dan harga yang bisa dibilang murah. Tidak heran rendang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Jika kamu berkunjung ke Indonesia jangan lewatkan untuk menco