Skip to main content

Tempat wisata menarik dari banjarnegara yang wajib kamu kunjungi




Banjarnegara!! Apa yang pertama terlintas di benak kalian saat mendengar kata Banjarnegara? Dawet ayu-nya kah. Yah, bagi sebagian orang Banjarnegara memang lebih dikenal dengan dawet ayu-nya. Tapi jangan salah dibanjarnegara banyak hal menarik yang perlu kalian ketahui tentang Banjarnegara. Salah satunya tempat-tempat wisata yang ada di sana.


Banyak sekali tempat-tempat wisata keren yang wajib kalian kunjungi, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, air terjun, sampai objek wisata kekinian yang tentunya instraramable.


Jika sobat punya rencana liburan ke Jawa tengah dan sekitarnya. Ngga ada salahnya buat kalian mampir ke Banjarnegara. Ngga perlu kawatir Banjarnegara punya banyak tempat keren yang bisa kalian jelajahi ko.
Nah ini lah dia tempat wisata yang wajib dikunjungi di Banjarnegara.





Curug Pitu


      Curug Pitu Pitu foto by www.brobali.com

Tempat wisata Curug Pitu berlokasi di Desa kemiri Kecaman sigaluh, Kabupaten Banjarnegara.
Sesuai nama-nya "Curug Pitu" atau dalam bahasa Indonesia " Curug tujuh" memiliki tujuh tingkatan air dari atas sampai bawah.Memiliki pesona yang elok untuk  dikunjungi.


Curug Pitu selain mempunyai panorama yang indah .Curug pitu juga merupakan tempat yang eksotis serta memiliki view dan spot instagramable. Harga tiket masuk Curug Pitu juga terbilang sangat murah. Cukup membayar Rp 4000/orang kita sudah bisa masuk dan puas berkeliling dikawasan obyek wisata alam yang satu ini.

Menarik bukan. Jadi, apa kamu berminat untuk berkunjung ketempat wisata Curug Pitu?


Kawah Candradimuka

  Kawah Candradimuka foto by diengcool.com


Kawah Candradimuka berlokasi Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Pengunjung yang datang ke Kawah Candradimuka tidak dikenai biaya tiket. Hanya saja, jalan menuju tempat ini tidak terlalu baik. Jalan menuju tempat ini berliku dan belum dilapisi aspal. Ditambah dengan kabut yang keluar akibat panasnya kawah membuat perjalanan harus ekstra hati-hati.


Meskipun demikian perjuangan akan terbayarkan ketika melihat pesona dan panorama yang tiada duanya. Selain karena keindahannya. Kawah candradimuka menyimpan cerita dalam pewayangan Jawa. Menurut epos Mahabarata, Gatotkaca dilahirkan dalam wujud raksasa. Oleh Batara Guru, Gatotkaca yang masih bayi kemudian dibawa ke Kawah Candradimuka yang sangat panas. Tubuh Gatotkaca dicelupkan ke dalam kawah untuk menghilangkan sisi jahat yang ada di dirinya (sifat raksasa). Panasnya air di kawah ini pun membuat Gatotkaca menjadi gagah perkasa.


Di obyek wisata kawah candradimuka terdapat 3 kepundan menurut para ahli geologi, kawah – kawah ini bukan merupakan kawah gunung berapi, tetapi merupakan rekahan tanah yang secara aktif menghasilkan solfatara, tempat yang memiliki suhu panas yang luar biasa seperti candradimuka yang diceritakan dalam cerita pewayangan, dinamakan Kawah Candradimuka karena suhu air yang ada di kawah ini bisa mencapai 100 derajat celsius. Kawah Candradimuka hingga kini masih dalam keadaan aktif. Lokasi Kawah Candradimuka memungkinkan para wisatawan bisa melihat aktivitas kawah dari berbagai sisinya.




Komplek Candi Arjuna


       Candi Arjuna foto by www.javaloka.com

Candi Arjuna sendiri mer upakan salah satu candi peninggalan agama hindu yang beraliran Syiwa. Candi ini juga diperkirakan merupakan candi Hindu pertama di Jawa, yang dibangun pada sekitar Abad ke-7 pada masa pemerintahan kerajaan Mataram Kuno. Dikomplek ini terdapat lima bangunan Candi. Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Sembadra. Selain candi Semar, keempat Candi lainnya digunakan sebagai tempat bersembahyang.


Terletak di Desa Dieng kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Komplek candi di Dataran Tinggii Dieng Memiliki Kawasan candi kurang lebih seluas 90 hektar. Dimana Komplek Candi Arjuna memiliki luas sekitar satu hektar dan merupakan yang terluas.


Kompleks Candi Arjuna pertama kali ditemukan pada tahun 1814. Penemunya adalah seorang tentara Belanda yang bernama Thedorf van Elf. Saat pertama kali ditemukan, kompleks ini masih tergenang oleh air. Barulah pada tahun 1856 dimulai pemeliharaan oleh seseorang berkebangsaan Inggris bernama HC. Cornelius.


Komplek Candi Arjuna ini dekat dengan kawah sikidang,. Jadi harga tiket masuk Candi Arjuna biasanya jadi satu dengan kawah sikidang. Cukup membayar seharga Rp.10.000 rupiah, kalian akan mendapatkan keindahan dua tempat sekaligus.


Menarik bukan selain panoramanya yang indah, Berlibur ke komplek Candi Arjuna kita juga bisa bisa menambah wawasan dan pengetahuan.





Kawah Sikidang

Kawah Sikidang foto by ksmtour.com


Kawah Sikidang berlokasi di dekat komplek Candi Arjuna di Desa Dieng kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah Sikidang timbul akibat adanya aktivitas gunung berapi Dieng ini memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya kawah yang konon selalu berpindah-pindah.Kolam kawah yang berada disana bisa berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya. Hal tersebut mirip sekali lompatan kijang yang cepat, oleh sebab itu kawah ini disebut dengan Sikidang atau Kijang.


Di Kawah Sikidang terdapat satu kawah besar dengan suhu antara 80-90 Derajat Celcius. Selain itu juga terdapat kawah-kawah kecil disekitar tempat wisata Kawah Sikidang.


Memang keindahan kawah yang berada disana sudah tidak diragukan lagi namun, sayangnya saat liburan di Sikidang Anda diharapkan untuk selalu berhati-hati. Pasalnya semburan kawah dan lumpur panas disana sangat berbahaya. Gas yang berada disana juga beracun, sehingga para wisatawan yang datang diharapkan untuk memakai masker supaya kesehatannya tetap terjaga.

Selain kawah, Di tempat wisata ini juga terdapat banyak spot Selfi dan motor cross, yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang senang ber-selfie dengan panorama alam yang indah.




Telaga Merdada


   Telaga Merdada foto by jejakpiknik.com

Telaga Merdada terletak di Desa Karang tengah, Kecamatan Batur,kabupaten  Banjarnegara. Telaga dengan luas 25 hektare ini berada di atas ketinggian 2.045 mdpl. Pemandangannya indah dengan dikelilingi perbukitan yang hijau alami, menjadikan suasana di telaga ini tampak asri dan sejuk.


Inilah danau terluas yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Telaga Merdada namanya. Walau merupakan telaga terluas, telaga ini tidak memiliki sumber mata air. Seluruh air yang menggenangi telaga ini merupakan tampungan air hujan.


Karena telaga yang airnya merupakan tampungan air hujan, pada musim kemarau, telaga ini akan kering. Bagian tengah telaga akan terlihat dengan jelas. Meskipun begitu, bukan berarti telaga ini bisa dilintasi dengan berjalan kaki. Telaga ini memiliki lumpur yang dalam sehingga berbahaya untuk dilintasi.


Pada rentang tahun 1950 sampai 1998, kawasan di sekitar telaga digunakan oleh PT Dieng Jaya sebagai tempat pembibitan jamur. Tapi kemudian, ketika terjadi krisis ekonomi, tempat pembibitan ini ditutup. Saat ini, masih terdapat beberapa bangunan yang dulunya digunakan sebagai tempat pembibitan jamur.


Kini kawasan tepi Telaga merdada telah dimanfaatkan petani setempat untuk kegiatan bercocok tanaman. Petani kebanyakan menanam kentang di tepi telaga merada dieng ini.


Untuk harga tiket masuk Telaga merdada dieng adalah 5.000 rupiah per orang. Biaya lainya yang harus anda keluarkan adalah tiket parkir kendaraan bermotor.





Surya Yuda Park


       Surya Yuda Park foto by www.tripadvisor.co.id


Tentu bagi Anda yang tinggal di Banjarnegara atau sekitarnya sudah mengenal dengan objek wisata yang satu ini, satu tempat yang memiliki beragam fasilitas sangat cocok untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.


Surya Yuda Park berlokasi di Jl. Rejasa km 1, rejasa, Madukara, Banjarnegara. Jawa Tengah. Memiliki wahana yang cocok untuk segala usia karena memiliki kolam dengan kedalaman yang variatif. Variasi kolamnya antara lain kolam balita (10 cm), kolam anak (50 cm dan 80 cm), kolam olympic (150 cm), kolam arus, kolam lagoon water outbound dan kolam ombak tsunami dengan ombak tsunami buatan yang menyenangkan untuk segala usia. Selain itu, Waterpark Surya Yudha juga memiliki wahana pendukung seperti kolam terapi ikan, flying fox, sewa ban dan lorong ajaib.



Bagi yang hobi menonton film, Surya Yudha Cinema menjadi satu-satunya bioskop yang ada di Banjarnegara dengan fasilitas yang nyaman dan lengkap. Surya Yudha Cinema juga  merupakan bioskop nomor dua di wilayah Jateng-DIY yang dapat menayangkan film dengan format 3 dimensi. Memiliki 3 gedung cinema dengan kapasitas ; cinema 1 : 155 kursi, cinema 2 : 168 kursi dan cinema 3 : 156 kursi. Surya Yudha Cinema adalah bioskop yang setara dengan bioskop nasional pada umumnya dilengkapi dengan lounge nyaman dan snack corner.


Harga tiket masuk Surya Yuda Park

• Libur nasional 40 k

• Weekend 30k

• Weekday 25k

• Parkir motor Rp 2000

• Parkir mobil Rp 4000/ jam





Taman rekreasi marga satwa serulingmas.

Taman marga satwa serulingmas foto by budparbanjarnegara.com

Taman marga satwa seruling mas atau bisa disebut juga dengan nama kebun binatang selomanik,merupakan salah satu ikon wisata banjarnegara yang berada di bantaran kali serayu yang memiliki berbagai jenis satwa carnivora, herbivora maupun omnivora yang hidup dan berkembang biak dengan baik.dengan keterpaduan flora dan fauna yang harmonis, menjadikan taman rekreasi marga satwa tempat yang sejuk dan nyaman. dengan akses yang mudah dijangkau serta letaknya yang berada tidak jauh dari pusat kota banjarnegara. tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga tercinta.

Selain kamu dapat menyaksikan berbagai macam satwa, di kebun binatang yang merupakan satu-satunya kebun binatang yang berada jawa tengah bagian selatan ini, disediakan pula berbagai fasilitas wisat lainnya seperti kolam renang dengan waterboomnya, area pemancingan umum, area permainan anak, panggung hiburan, ada juga makam ki ageng selomanik yang dikeramatkan.




Itulah beberapa tempat wisata menarik di Banjarnegara yang wajib kamu kunjungi.
Menarik Bukan?Ajak teman,saudara,keluarga atau kekasih untuk berkunjung ketempat-tempat wisata yang ada di Banjarnegara. Agar semakin banyak orang yang tau dan dunia pariwisata Banjarnegara semakin maju kedepan-nya.cukup sekian dan selamat berlibur.

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Wisata di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara

Indonesia memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Tidak heran jumlah wisatawan yang berkunjung terus bertambah baik dari dalam maupun luar negri. Selain keindahan alamnya yang luar biasa,  kebudayaan di Indonesia pun sangat beragam. Setiap daerah memiliki budaya khas yang menjadikan negeri ini semakin berwarna. Dan dari ribuan tempat wisata di Indonesia, ada beberapa destinasi yang mendunia dan paling sering dikunjungi. Berikut ini daftarnya. Raja ampat       Raja Ampat foto by www.cekpremi.com Raja Ampat sudah lama dikenal dengan pesona keindahan bawah lautnya.Keanekaragaman biota lautnya lah yang membuat Raja Ampat menjadi populer. Posisinya yang berada diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudra Pasifik, didukung dengan suhu yang sesuai membuat pertumbuhan karang menjadi baik. Tidak heran jika Raja Ampat dianggap sebagai surga bawah l

Tempat Wisata Bersejarah Yang Ada Di Indonesia

Selain memiliki banyak destinasi wisata alam yang unik dan menarik. Di indonesia juga terdapat banyak destinasi wisata bersejarah yang menyimpan cerita sejarah dan peristiwa dimasa lampau. Tentunya kita perlu mengenal beberapa bangunan bersejarah Indonesia yang berada di berbagai daerah. Untuk menambah sedikit pengetahuan kita. Ini dia beberapa daftar tempet wisata bersejarah di Indonesia. Lawang Sewu, Semarang.   Lawang Sewu foto by semarangsekarang.com Lawang sewu, bagi kebanyakan masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing tempat ini. Terutama dikalangan masyarakat Semarang dan sekitarnya. Bangunan peninggalan kolonial Belanda ini dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907 ini terletak di bundaran Tugu Muda, dahulu disebut Wilhelminaplein. Lawang Sewu dulu merupakan kantor administrasi Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) yaitu sebuah perusahaan kereta api swasta asal Netherland. Selain menjadi kantor, Lawang Sewu juga memiliki fungsi sebagai penjara. L

Rekomendasi wisata kuliner khas Indonesia dari berbagai daerah

Selain keanekaragaman budaya dan destinasi wisata alamnya. Indonesia juga menawarkan beragam makanan lezat  yang  khas. Ada begitu banyak jenis makanan yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Makanan khas Indonesia terkenal penuh dengan cita rasa yang kuat, Setiap daerah mempunyai masakan khas yang akan  membuatmu penasaran untuk mencicipinya. Ini dia daftar beberapa makanan Dari sekian banyak makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba. Rendang Rendang, makanan khas asal Sumatra barat. Sangat terkenal di Indonesia bahkan disebut-sebut menjadi salah satu makanan terenak didunia. Masakan ini merupakan olahan dari daging, yang dimasak dengan paduan bumbu rempah seperti jintan, merica, kapulaga, ketumbar, dan beragam rempah lainnya. Rendang memiliki cita rasa yang gurih, dagingnya yang empuk dan harga yang bisa dibilang murah. Tidak heran rendang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Jika kamu berkunjung ke Indonesia jangan lewatkan untuk menco